Friday 5th of July 2024
×

Cara Cek Alamat Pemilik Rekening Korban Penipuan Untuk Semua Bank (BNI, BCA, MANDIRI, BTPN, BRI)

Cara Cek Alamat Pemilik Rekening Korban Penipuan Untuk Semua Bank (BNI, BCA, MANDIRI, BTPN, BRI)

--

Gunakan Aplikasi Cekrekening.id

Situs ini diprakarsai oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia untuk menerima laporan informasi penipuan dan kejahatan.

Langkah-langkahnya :

  • Buka situs https://cekrekening.id/ lalu pilih menu Periksa Rekening.
  • Masukkan jenis bank misal BCA, BNI, BRI, Mandiri, atau bank lainnya dan nomor rekening bank atau nomor e-wallet yang hendak diperiksa.
  • Lakukan validasi robot dengan memasukkan kode CAPTCHA.
  • Klik tombol Cek Sekarang dan tunggu hasilnya beberapa saat.
  • Bila nomor rekening tersebut sudah pernah dilaporkan, maka hasilnya akan muncul dan kamu patut mencurigainya.
  • Klik tombol Tambah Laporan bila kamu mengetahui adanya indikasi penipuan dan ingin membuat laporan baru dengan mengisi form dengan lengkap dan lampirkan bukti screenshot.
  • Nantinya, pelapor tinggal menunggu hasil tindak lanjut dari laporan.

Untuk informasi lebih lanjut : telepon: (021)-384-5786, WhatsApp: 08118331316, Email: cekrekening@kominfo.go.id.

Apa itu Cekrekening.id

Salah satu platform yang populer untuk mengecek nomor rekening yang sering digunakan oleh penipu adalah Cekrekening.id. Fungsinya utamanya adalah sebagai portal untuk mengumpulkan database rekening bank yang diduga terlibat dalam tindak pidana.

Siapa pun dapat berpartisipasi dalam pengumpulan data ini dan membantu menciptakan lingkungan transaksi elektronik yang aman dan nyaman.

Selama tahun 2020, Kominfo melalui CekRekening.id menerima sekitar 192.000 laporan tentang rekening yang diduga terlibat dalam kegiatan pidana. Dari jumlah tersebut, sekitar 110.000 laporan terkait dengan penipuan online, sementara sisanya terkait dengan prostitusi online, pemerasan, investasi online palsu, dan kejahatan lainnya.

Baca juga: Apakah FIF Masuk BI Checking? Gagal Bayar Bisa Bikin Susah Ambil Pinjaman

Baca juga: Nasabah Pinjol Wajib Tau! Begini Cara Cek Data BI Checking dengan Mudah Cuma dari HP

Baca juga: Cara Menghapus Tunggakan FIF di BI Checking Slik OJK, Benahi Sekarang atau Bisa Makin Susah Ambil Kredit

CekRekening.id tidak hanya menyimpan database nomor rekening bank yang terindikasi dalam kegiatan pidana, tetapi juga database nomor rekening e-wallet yang terlibat dalam kegiatan pidana.

Namun, penting untuk diingat bahwa laporan tersebut harus dapat dipertanggungjawabkan. Jika data yang disampaikan tidak lengkap dan tidak ada bukti yang kuat, laporan tersebut tidak dapat diproses lebih lanjut.

Apakah Setelah Lapor di Cekrekening.id Uang Bisa Kembali?

Jawabannya adalah Tidak.

CekRekening.id hanyalah sebuah layanan yang menyediakan database untuk memeriksa dan melaporkan akun rekening bank atau e-wallet yang diduga terlibat dalam kegiatan pidana.

Namun, penting untuk dicatat bahwa CekRekening.id tidak bertanggung jawab atas pengembalian uang korban atau pembekuan rekening yang dilaporkan. Kewenangan untuk melakukan tindakan tersebut ada pada pihak bank atau penyedia layanan uang elektronik lainnya.

Sumber:

UPDATE TERBARU