Sunday 7th of July 2024
×

Cara Mengetahui Alamat Pemilik Rekening, Gampang Melacak Rekening Penipu

Cara Mengetahui Alamat Pemilik Rekening, Gampang Melacak Rekening Penipu

--

2. Kredibel.go.id

Situs resmi yang satu ini dikembangkan oleh kementerian PAN RB, Kemendagri, Kantor Staf Presiden, dan Ombudsman Republik Indonesia. Kredibel merupakan salah satu laman resmi yang memfasilitasi pengecekan nomor rekening penipu secara online.

Langkah-langkahnya :

  • Kunjungi https://www.kredibel.co.id
  • Ketikkan nomor rekening di kolom pencarian rekening, kemudian akan muncul informasi atau data terkait dengan nomor rekening tersebut. Untuk informasi lebih detail, Anda harus sign up/log in terlebih dahulu.
  • Jika Anda menemukan kecurigaan penipuan, Anda dapat segera menambahkan laporan pada bagian bawah dari informasi nomor rekening.

3. Lapor.go.id


Apabila ada indikasi penipuan yang terkait dengan suatu institusi yang berwenang, maka laman ini bisa jadi salah satu sarana untuk melaporkan nomor rekening tersebut.

Langkahnya :

  • Buka laman https://www.lapor.go.id/
  • Pilihlah salah satu dari klasifikasi layanan
  • Isi laporan dengan baik dan benar lalu unggah bukti pendukung
  • Klik “Lapor” untuk penyelesaian laporan

Apa itu Cekrekening.id

Salah satu platform yang populer untuk mengecek nomor rekening yang sering digunakan oleh penipu adalah Cekrekening.id. Fungsinya utamanya adalah sebagai portal untuk mengumpulkan database rekening bank yang diduga terlibat dalam tindak pidana.

Siapa pun dapat berpartisipasi dalam pengumpulan data ini dan membantu menciptakan lingkungan transaksi elektronik yang aman dan nyaman.

Baca juga: Cara Cek BI Checking Atau Slik OJK Via Online dan Offline, Mudah Tanpa Perlu Install Aplikasi!

Baca juga: Rekomendasi Pinjol yang Tidak Masuk BI Checking, Check Sekarang Skor Kreditmu Biar Tidak Boncos

Baca juga: Cara Membaca Nominal Uang Jutaan Rupiah Paling Mudah dan Benar, Pastikan Dulu Hafal Angka Ini!

Selama tahun 2020, Kominfo melalui CekRekening.id menerima sekitar 192.000 laporan tentang rekening yang diduga terlibat dalam kegiatan pidana. Dari jumlah tersebut, sekitar 110.000 laporan terkait dengan penipuan online, sementara sisanya terkait dengan prostitusi online, pemerasan, investasi online palsu, dan kejahatan lainnya.

CekRekening.id tidak hanya menyimpan database nomor rekening bank yang terindikasi dalam kegiatan pidana, tetapi juga database nomor rekening e-wallet yang terlibat dalam kegiatan pidana.

Namun, penting untuk diingat bahwa laporan tersebut harus dapat dipertanggungjawabkan. Jika data yang disampaikan tidak lengkap dan tidak ada bukti yang kuat, laporan tersebut tidak dapat diproses lebih lanjut.

Apakah Setelah Lapor di Cekrekening.id Uang Bisa Kembali?

Jawabannya adalah Tidak.

CekRekening.id hanyalah sebuah layanan yang menyediakan database untuk memeriksa dan melaporkan akun rekening bank atau e-wallet yang diduga terlibat dalam kegiatan pidana.

Namun, penting untuk dicatat bahwa CekRekening.id tidak bertanggung jawab atas pengembalian uang korban atau pembekuan rekening yang dilaporkan. Kewenangan untuk melakukan tindakan tersebut ada pada pihak bank atau penyedia layanan uang elektronik lainnya.

Nah itulah tadi sedikit pembahasan mengenai cara cek alamat rekening bank yang biasanya sangat berguna untuk melacak keberadaan penipu yang sedang marak saat ini. Semoga uangmu cepat kembali ya!

Sumber:

UPDATE TERBARU