Sunday 6th of October 2024
×

Cara Mengatasi KTP Pribadi Disalahgunakan Untuk Pinjaman Online, Langsung Saja Laporkan Ke Lembaga Berikut!

Cara Mengatasi KTP Pribadi Disalahgunakan Untuk Pinjaman Online, Langsung Saja Laporkan Ke Lembaga Berikut!

--

Konsumen dapat mengajukan pengaduan melalui email, surat, atau menghubungi pusat layanan telepon OJK. Sebagai badan yang bertanggung jawab dalam melindungi kepentingan konsumen, OJK menyediakan berbagai saluran pengaduan untuk memastikan keselamatan konsumen terjamin.

2. Mengajukan Laporan kepada Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI)


AFPI merupakan sebuah lembaga atau organisasi yang berfungsi sebagai wadah bagi pelaku usaha fintech Peer to Peer Lending (P2P) Lending atau fintech pendanaan online di Indonesia. AFPI telah memperoleh otorisasi resmi dari OJK sebagai asosiasi yang mengatur seluruh layanan pendanaan berbasis teknologi di Indonesia. Informasi ini dicatat dalam surat No S-5/D.05/2019.

Baca juga: Awas Pencemaran Nama Baik! Hati-Hati Medsosmu Disadap Para Pinjol Laknat

Baca juga: Apk Jebol Pinjol Anti Gagal, Work Banget Untuk Amunisi ACC Cepat!

Baca juga: Hati-Hati! Ini Dia 56 Pinjol yang Izinnya Sudah Dicabut Resmi OJK Paling Update 2023

3. Melaporkan kepada Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI)

YLKI memiliki peran penting dalam mencegah penyalahgunaan KTP dan identitas lainnya yang dapat membahayakan keamanan pengguna. Organisasi nirlaba ini didirikan dengan tujuan memberikan edukasi dan perlindungan kepada calon debitur saat mereka mengajukan pinjaman, baik secara online maupun offline, untuk kepentingan masyarakat.

4. Mengadukan kepada Lembaga Bantuan Hukum (LBH)

LBH dapat memberikan bantuan kepada pihak-pihak yang tidak mampu untuk melindungi hak hukum mereka. Salah satu jenis kasus yang sering ditangani oleh LBH adalah kasus debitur pinjaman online yang menjadi korban pencurian identitas, seperti penggunaan KTP secara tidak sah. LBH bahkan telah menangani sebanyak 283 kasus sejak tahun 2016 terkait masalah ini.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan apabila terdapat KTP pribadi disalahgunakan untuk pinjaman online. Alih-alih menolong malah kita yang kita yang jadi kesusahan. Semoga informasi yang kami berikan diatas bisa bermanfaat.

Sumber:

UPDATE TERBARU