Monday 8th of July 2024
×

Review Investasi Emas di Pegadaian, Jual Beli Emas24 Karat Lewat Fasilitas Layaknya Menabung

Review Investasi Emas di Pegadaian, Jual Beli Emas24 Karat Lewat Fasilitas Layaknya Menabung

--

+

Review Investasi Emas di Pegadaian

Tabungan emas Pegadaian adalah layanan jual beli emas dengan cara membeli emas dalam bentuk logam mulia 24 karat lewat fasilitas selayaknya nasabah menabung. Jadi, melalui produk ini, masyarakat bisa menyicil untuk investasi di emas batangan 24 karat. Uniknya karena berbentuk tabungan, jumlah setoran yang harus dibayarkan tidak memberatkan dan sesuai kemampuan nasabahnya. Kamu bisa setor uang tunai untuk ditabung di tabungan emas Pegadaian dalam jumlah berapapun. 

Nantinya, uang yang terkumpul akan dikonversikan ke dalam gram emas batangan sesuai dengan harga emas 24 karat yang berlaku saat itu. 


Keuntungan nabung emas di Pegadaian adalah terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. Bahkan jika nasabah memiliki dana minimal Rp20 ribu sudah bisa disetorkan sebagai saldo tabungan emasnya. Keuntungan kedua adalah tabungan emas dapat dicairkan sewaktu-waktu alias memiliki sifat yang fleksibel. Ini tentu menjadi kemudahan bagi masyarakat yang membutuhkan dana darurat.

Di lain sisi, ada kekurangan sistem investasi ini adalah adanya biaya administrasi dan biaya penyimpanan per tahun sebesar Rp 30 ribu. Meski kecil namun jika dalam waktu lama maka jumlahnya bisa menggerus nilai tabungan emas.

Baca juga: KUR BRI Online Terbaru 2023: Cara & Syarat Pengajuan Untuk Bisa Cairkan Uangnya

Baca juga: Baru Dibuka, Langsung Diserbu! Intip Cara Pengajuan KUR Pinjaman Pegadaian Syariah 2023

Baca juga: Pinjam Uang Sampai 60 Bulan! Cek Tabel Angsuran KUR BRI Rp 100 Juta 2023 yang Cocok Untuk Pengusaha

Kerugian kedua, adanya biaya tambahan yang diperlukan jika nasabah ingin mencetak saldo tabungannya menjadi logam mulia. Biaya tersebut berkisar Rp120 ribu untuk emas Antam seberat 1 gram sampai Rp1 juta untuk berat emas 100 gram.

Kemudian, nabung emas ini menerapkan buyback atau penjualan harga emas lebih rendah dibandingkan dengan harga beli emas di Pegadaian. Sehingga, nabung emas ini sebaiknya dijadikan instrumen investasi jangka panjang agar dapat menguntungkan.

Nah, itu dia pembahasan sekilas mengenai review investasi emas di pegadaian. Semoga bermanfaat.

Sumber:

UPDATE TERBARU