Monday 8th of July 2024
×

Sarang Pinjol di Indekos Kasih Bunga Gila, Pinjam Sejuta Jadi 20 Juta!

Sarang Pinjol di Indekos Kasih Bunga Gila, Pinjam Sejuta Jadi 20 Juta!

--

Aplikasi pinjaman online atau pinjol memang akhir-akhir ini semakin mengkhawatirkan dan mengancam masyarakat. Berbagai mode baru terus bermunculan, sehingga masyarakat harus tetap waspada. Selain itu, diperlukan partisipasi aktif masyarakat untuk melaporkan pemberi pinjaman ilegal kepada pihak berwajib sebelum korban bertebaran.

Terlebih lagi bagi nasabah yang gagal bayar dan terus-menerus diintimidasi oleh pihak pinjol ilegal yang bersangkutan. Oleh karena itu, jangan panik saat menerima ancaman dari perusahaan pinjaman online ilegal melalui petugas DC lapangan.


Jika kamu meminjam dana dari pinjaman legal, sebenarnya para debitur tersebut dapat melakukan restrukturisasi kredit. Restrukturisasi kredit maksudnya adalah meminta pembebasan dari pembayaran utang yang ada. Hasilnya tergantung kesepakatan, antara memperpanjang jangka waktu pembayaran atau hanya membayar utang pokok, tanpa bunga dan denda.

Namun jika mendapatkan pinjaman dari pinjaman ilegal, risiko hal-hal yang menakutkan akan terjadi.

Bunga Kantor Pinjol Ilegal

Di bulan Oktober 2021, Tim dari Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya kembali menggerebek kantor pinjaman online (pinjol) ilegal di wilayah Cengkareng, Jakarta Barat. Tidak disangka, kantornya bermakas di sebuah indekos karena kepolisian gencar menindak kantor-kantor fintech lending tak berizin.

Korban pinjol ilegal juga mengaku kerap diteror oleh debt collector meskipun sudah membayar banyak. Penagih yang mendatangi korban bahkan tak segan-segan mengeluarkan ancaman bila peminjam tidak membayar.

"Kalau kamu tidak bayar, kamu akan saya santet, atau pun kalau kamu tidak bayar saya akan kirimkan foto-foto senonoh kamu ke tiap kontak yang ada di telepon anda," salah satu ancaman yang bisa dilontarkan pelaku.

Baca juga: Mau Pinjam Uang di Sinarmas? Segini Tabel Bunga Pinjaman Bank Sinarmas Terbaru 2023, Jangan Sampai Gagal Bayar

Baca juga: 5 Daftar Pinjol Data Busuk Langsung Cair Saldo Dana 2023, Hati-Hati Bisa Didatangi DC Lapangan

Baca juga: Tahun 2023 Masih Ada yang Terlilit Hutang Pinjol Sampai Jutaan? Sini Masuk!

Berdasarkan penyelidikan sementara, tiap penagih mengaku bisa menangani utang pinjaman kepada lima sampai sepuluh orang per hari. Kini, para pelaku sudah diamankan guna proses penyelidikan lebih lanjut.

Nah, itu dia pembahasan sekilas yang bisa kami sampaikan mengenai pinjol ilegal dan bunganya yang tidak masuk akal.

 

 

 

Sumber:

UPDATE TERBARU