Monday 8th of July 2024
×

Apa Saja Bahan Dasar Pembuatan Tas Koja? Oleh Oleh Khas Baduy yang Juga Berkhasiat untuk Obat!

Apa Saja Bahan Dasar Pembuatan Tas Koja? Oleh Oleh Khas Baduy yang Juga Berkhasiat untuk Obat!

--

Baca juga: KoinPanas Com Apk Latest Version 2024: Apakah Benar-benar Membayar dan Aman? Bongkar Faktanya Berikut Ini!

Pembuatan Tas Koja

Salah satu hal yang membedakan tas koja Baduy adalah proses pembuatannya yang sepenuhnya handmade. Para perajin tas koja mengumpulkan bahan-bahan alami menggunakan kulit kayu pohon teureup atau terap yang tahan terhadap serangan rayap.


Proses pembuatan dimulai dengan pencarian pohon-pohon tersebut di hutan pedalaman, di mana kulitnya diambil untuk dijadikan bahan utama pembuatan tas koja. Kulit pohon ini kemudian dijemur hingga kering, menghasilkan serat yang digunakan sebagai benang.

Setelah serat benang tersedia, mereka rajut bersama-sama untuk membentuk tas dengan desain yang diinginkan. Proses pembuatan tas ini bisa memakan waktu berhari-hari hingga berminggu-minggu, tergantung pada ketersediaan bahan baku dan kerumitan motif yang akan dihasilkan pada tas tersebut.

Baca juga: Sensitivitas FF Auto Headshot Tanpa DPI Terbaru Mei 2024, Dijamin Booyah! Setting dan Mainkan Sekarang

Baca juga: Geger Video Mesum Kades Ogan Ilir Viral Facebook Tiktok, Setelah Dilaporkan Akhirnya Putuskan Untuk Menikah!

Semua tahapan ini merupakan bagian integral dari proses tradisional pembuatan tas koja. Proses ini memerlukan keterampilan dan ketelatenan tinggi, yang telah diwariskan dari generasi ke generasi.

Tas koja Baduy semakin mendapatkan perhatian dari masyarakat luas, tidak hanya sebagai produk fungsional tetapi juga sebagai simbol keindahan alam dan budaya lokal. Banyak wisatawan dan kolektor seni yang tertarik untuk memiliki satu tas koja sebagai barang berharga.

Sumber:

UPDATE TERBARU