Monday 8th of July 2024
×

Cara Mendapatkan Kode Aktivasi ARKAS yang Wajib Buat Kamu Tau, CATAT di Sini

Cara Mendapatkan Kode Aktivasi ARKAS yang Wajib Buat Kamu Tau, CATAT di Sini

--

Catatan! Jika Anda pengguna ARKAS 3 namun muncul tampilan registrasi bukan login, pastikan menggunakan laptop yang sama seperti mengoperasikan ARKAS 3 dan tidak melanjutkan Registrasi dengan email yang baru karena data satuan pendidikan akan hilang seperti pengguna baru.

  1. Berhasil! Anda telah berhasil Registrasi jika sudah menemukan laman utama ARKAS dengan deskripsi profile seperti pada gambar di atas. Tampilan ini juga merupakan laman utama menu Penganggaran. 
  2. Apabila Anda mengalami koneksi yang bermasalah ketika proses registrasi, maka akan muncul tampilan seperti ini. Periksa internet dan Klik Sinkronisasi Ulang
  3. Apabila terdapat gangguan pada sistem saat melakukan proses registrasi, maka akan muncul tampilan seperti ini. Klik Sinkronisasi Ulang. 
  4. Apabila gagal sinkronisasi ulang lebih dari dua kali, Klik Saya Mengerti. Anda dapat memulai proses registrasi ulang beberapa saat kemudian
  5. Apabila Anda memasukkan NPSNdan Kode Aktivasipada perangkat baru (lebih dari satu perangkat), maka akan muncul tampilan berikut. Klik Saya Mengerti, silakan menghubungi dinas pendidikan untuk mereset data sekolah dan daftarkan ulang akun pada perangkat yang baru. ARKAS dengan akun satuan pendidikan pada perangkat sebelumnya tidak akan dapat dioperasikan kembali.
  6. Jika muncul tampilan seperti ini, lakukan pengisian Kode Aktivasi dengan benar sesuai yang Anda terima
  7. Masukkan email baru yang akan Anda daftarkan jika Anda mengajukan proses ganti akun pada tahapan Registrasi

Baca juga: Cek Apakah PT BP Group Indonesia Penipuan atau Bukan? Viral Banget di TikTok


Baca juga: Link Download Higgs Domino RP X8 Speeder 2024 Tanpa Iklan Gratis Unduh, Rasakan Nikmatnya JP Berkali Kali!

Baca juga: Beasiswa Indonesia Maju Kapan Dibuka? Khusus Untuk S1 dan S2! Ini Tanggal Validnya

Cara Mendapatkan Kode Aktivasi

Tahap awal untuk melakukan login dan registrasi adalah kepemilikan kode aktivasi.

  1. Satuan pendidikan menghubungi dinas pendidikan provinsi maupun kabupaten/kota untuk meminta kode aktivasi 
  2. Pastikan dinas pendidikan sudah teregistrasi di Manajemen ARKAS (MARKAS), karena kode aktivasi hanya dapat dilihat oleh dinas pendidikan setempat melalui MARKAS
  3. Setelah itu, dinas pendidikan akan menghubungi nomor telepon satuan pendidikan yang telah terdaftar untuk membagikan kode aktivasi ARKAS kepada Anda
  4. Setelah mendapatkan kode aktivasi ARKAS, selanjutnya Anda dapat melakukan proses registrasi
  5. Daftarkan satuan pendidikan Anda ke ARKAS dengan kode aktivasi yang telah Anda terima. Setiap satuan pendidikan akan memiliki kode aktivasi yang berbeda.

Catatan, jika kode aktivasi tersebut tidak dapat digunakan atau terdeteksi salah pada perangkat Anda, silakan berkoordinasi kembali dengan dinas untuk mengajukan pergantian Kode Aktivasi pada MARKAS.

Sekian yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini khusus untuk kamu. Semoga informasi ini bisa membantu ya! Selamat mencoba! 

Sumber:

UPDATE TERBARU