Monday 8th of July 2024
×

Innalillahi, Penulis Rudi Jalak Gugat Meninggal Dunia: Duka Keluarga Sastrawan Yudhistira Massardi

Innalillahi, Penulis Rudi Jalak Gugat Meninggal Dunia: Duka Keluarga Sastrawan Yudhistira Massardi

--

Kecintaannya pada bidang sastra membawa Yudhistira memenangkan beberapa penghargaan, mulai dari novelnya yang bertajuk “Mencoba Tidak Menyerah” yang memenangkan sayembara dari DKJ tahun 1980. Karya novel “Arjuna Mencari Cinta” dinyatakan sebagai Bacaan Remaja Terbaik 1977 oleh Yayasan Buku Utama. “Arjuna Mencari Cinta Part II pun diterjemahkan ke dalam bahasa Jepang. 

Selanjutnya Wot Atawa Jembatan, sandiwara  karya Yudhistira berhasil memenangkan sayembara mengarang Dewan Kesenian Jakarta. Sajak Sikat Gigi , kumpulan sajak ini dinyatakan sebagai satu dari empat kumpulan sajak terbaik pada 1977 oleh Dewan Kesenian Jakarta.


Selain menulis sajak, cerpen dan novel, Yudhistira juga menulis naskah sinetron, yaitu “Kerikil Putih” (1993, BKKBN/TPI), “Ngidam” (1993, BKKBN/TPI), “Joni Garang” (1994, Serial) dan “Arjuna Mencari Cinta” (1997, serial).

Dalam perjalanan karirnya di balik layar dunia seni peran, Yudhistira pernah menyabet penghargaan sebagai Sutradara Terbaik II dan Penata Artistik Terbaik pada 1977. Yudhistira juga pernah disebut oleh kritikus sastra Indonesia H.B Jassin sebagai penulis muda berbakat. Jassin mengatakan bahwa Yudhistira tidak ambil peduli apakah hasil tulisannya itu bernilai sastra atau tidak.

Itu dia pembahasan sekilas mengenai kabar Penulis Rudi Jalak Gugat Meninggal Dunia. Semoga almarhum diterima di sisi-Nya.

Sumber:

UPDATE TERBARU