Friday 5th of July 2024
×

Layanan BI Fast Error Hari Ini Kamis 21 Maret 2024, Jangan Panik! Atasi dengan Cara Berikut Ini

Layanan BI Fast Error Hari Ini Kamis 21 Maret 2024, Jangan Panik! Atasi dengan Cara Berikut Ini

--

BISNIS - Bagi nasabah yang membutuhkan biaya transfer lebih terjangkau, sistem pembayaran Bank Indonesia Fast Payment (BI-Fast) sudah menjadi pilihan utama. Namun apa ada gangguan pada hari ini tanggal 21 Maret 2024? simak disini pembahasan lenngkapnya

Sayangnya, diketahui jika sistem ini kerap mengalami gangguan, sehingga nasabah tidak dapat mengakses layanan tersebut. BI Fast merupakan layanan transfer dana antar bank yang diluncurkan oleh Bank Indonesia pada akhir tahun 2021. Layanan ini menawarkan transfer yang lebih cepat, aman, dan efisien dibandingkan dengan sistem transfer sebelumnya.

Baca juga: Daftar Kode Akses DJP Online Error Hari Ini, Langsung Klik Link Ini Masalah Dijamin Teratasi

Baca juga: DJP Online Error Hari Ini? Jangan Panik! Begini Cara Jitu Untuk Mengatasi Permasalahannya

Apa penyebab gangguan layanan BI-Fast?


Melansir Kompas.com, Ketua Umum Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) Santoso Liem menjawab permasalahan tersebut. Menurutnya, salah satu penyebab gangguan dari sistem BI-Fast ialah jumlah transaksi yang sangat besar. 

Pasalnya, sistem pembayaran itu langsung menghubungkan transaksi antar peserta yang sudah memiliki kapasitas transaksi. Karena dibatasi oleh waktu layanan (sesuai window time) dan dana efektif yang belum real-time serta keterbatasan kanal pembayaran yang pada akhirnya mengurangi kenyamanan masyarakat dalam bertransaksi secara nontunai.

Mengutip dari laman Bank Indonesia, BI Fast adalah infrastruktur sistem pembayaran ritel nasional yang dapat memfasilitasi pembayaran ritel secara real-time, aman, efisien, dan tersedia setiap saat (24/7).

Dengan adanya layanan ini diharapkan dapat memperkuat ketahanan sistem pembayaran ritel nasional dengan menyediakan alternatif terhadap infrastruktur sistem pembayaran nasional eksisting.

Baca juga: Download Roblox Mod Menu Speed Hack 2024 APK (Unlimited Robux), Sudah di Lengkapi dengan Fitur Anti Ban!

Sumber:

UPDATE TERBARU