Friday 5th of July 2024
×

Film Dirty Vote Viral di Youtube, Film Dokumenter yang Ungkap Kecurangan Pemilu 2024 Menurut 3 Ahli Hukum

Film Dirty Vote Viral di Youtube, Film Dokumenter yang Ungkap Kecurangan Pemilu 2024 Menurut 3 Ahli Hukum

--

Baca juga: Penyebab Discord Update Failed 2024 dan Cara Mengatasi, Musuh Bebuyutan Gamer dan Komunitas Online!

Rumah produksi WatchDoc merilis film dokumenter Dirty Vote. Film yang disutradarai Dandhy Dwi Laksono itu berisi tentang dugaan kecurangan-kecurangan di Pemilu 2024. Film itu menampilkan tiga orang ahli hukum tata negara yaitu Bivitri Susanti, Feri Amsari, dan Zainal Arifin Mochtar.


Dalam film tersebut Bawaslu dianggap tak netral dalam menangani kasus-kasus pelanggaran kampanye yang melibatkan pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Di antaranya saat Gibran berkampanye di Car Free Day (CFD) di wilayah Thamrin-Bundaran Hotel Indonesia dengan membagi-bagikan susu. Lalu, penggunaan akun media sosial X (Twitter) milik Kementerian Pertahanan (Kemenhan) untuk mengampanyekan Prabowo-Gibran.

Baca juga: Lupa Password Sirekap? Begini Cara Reset Kata Sandi dengan Mudah, Jangan Panik!

Baca juga: Cara Mengatasi 'User Changed or Deleted Their Auth Credentials' Pada SIREKAP 2024, Mudah Langsung Bisa Digunakan Lagi!

WatchDoc pernah merilis film-film dalam momentum pemilu. Pada 2014, mereka meluncurkan film Ketujuh. Lalu pada 2017, menjelang Pilkada DKI Jakarta, mereka menerbitkan Jakarta Unfair. Pada Pilpres 2019, ada film Sexy Killers.

Sementara itu, ada sebanyak 20 lembaga yang terlibat dalam pembuatan film tersebut di antaranya adalah Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Greenpeace Indonesia, Indonesia Corruption Watch, LBH Pers, YLBHI dan lainnya. 

Sumber:

UPDATE TERBARU