Monday 8th of July 2024
×

Dibabat Dollar! Cek Inflasi Indonesia Januari 2024 Harga-Harga Makin Mahal, Apakah masih Terkendali?

Dibabat Dollar! Cek Inflasi Indonesia Januari 2024 Harga-Harga Makin Mahal, Apakah masih Terkendali?

--

BISNIS - Inflasi adalah suatu kondisi di mana harga-harga barang dan jasa secara umum mengalami kenaikan secara terus-menerus dan berkelanjutan dalam suatu periode waktu tertentu. Yuk cek Inflasi Indonesia Januari 2024 di bawah ini!

Dalam konteks ekonomi, inflasi diukur dengan mengamati perubahan indeks harga konsumen (Consumer Price Index/CPI) atau indeks harga produsen (Producer Price Index/PPI).


Tingkat inflasi yang tak terlalu tinggi sering dianggap sebagai bagian normal dari pertumbuhan ekonomi, tetapi inflasi yang tinggi dan tidak terkendali dapat memiliki dampak negatif, seperti menyusutnya daya beli uang, merugikan pendapatan tetap, dan menyebabkan ketidakpastian ekonomi.

Pemerintah dan bank sentral sering menggunakan kebijakan moneter dan fiskal untuk mengendalikan tingkat inflasi agar tetap dalam batas yang dapat diterima. Inflasi yang stabil dan terkendali dianggap sebagai faktor penting untuk menjaga stabilitas ekonomi suatu negara.

Baca juga: Free Dessert! Promo McD Hari Ini Sampai 31 Januari 2024 Ada McDelivery Rp 18K, Free Sticker Drive Thru, Hingga Hadiah Mainan Terbatas

Baca juga: Link Download Spotify Mod Apk Versi Terbaru Januari 2024 Dengerin Semua Lagu Bebas Tanpa Iklan Bisa Putar Dimana Saja

Baca juga: Jadwal Event Diamond Kuning Mobile Legends (ML) 2024 Segera Pasang Alarm Dari Sekarang Biar Nggak Ketinggalan

Penyebab Umum Inflasi

Permintaan yang Tinggi

Jika permintaan konsumen dan investasi tinggi, sementara pasokan barang dan jasa terbatas, harga cenderung naik.

Biaya Produksi yang Meningkat

Kenaikan biaya produksi, seperti biaya bahan baku atau upah pekerja, dapat mendorong produsen untuk menaikkan harga jual.

Kenaikan Upah

Jika upah pekerja naik secara signifikan, perusahaan mungkin akan menaikkan harga produk atau jasa mereka untuk menutupi biaya tambahan tersebut.

Kenaikan Harga Bahan Bakar

Harga minyak dan energi yang tinggi dapat mempengaruhi biaya transportasi dan produksi, yang kemudian dapat berdampak pada kenaikan harga umum.

Sumber:

UPDATE TERBARU