Monday 8th of July 2024
×

 Contoh Catatan Tabungan Di Buku Tulis Cocok Banget Buat Latihan Menabung Untuk Beli Semua Wishlistmu

 Contoh Catatan Tabungan Di Buku Tulis Cocok Banget Buat Latihan Menabung Untuk Beli Semua Wishlistmu

--

Cara membuat catatan tabungan di buku tulis

1. Siapkan Peralatan dengan Baik

Siapkan peralatan dengan baik yang mencakup buku tulis, penggaris, dan pulpen atau pensil. Gunakan buku berukuran besar agar bisa memuat lebih banyak informasi. 


2. Tetapkan Tujuan Menabung

Penting untuk menentukan tujuan menabung sebelum mulai mencatatnya di buku besar. Kamu bisa menetapkan tujuan menabung berdasarkan target jangka panjang atau jangka pendek. Tabungan jangka panjang contohnya seperti membeli rumah, sedangkan tabungan jangka pendek seperti membeli HP.

3. Bedakan Kebutuhan dan Keinginan

Kamu harus membedakan kebutuhan dan keinginan. Contoh hal-hal yang bersifat wajib, misalnya biaya cicilan rumah dan makanan. Hal-hal yang bersifat keinginan, seperti traveling, nonton film terbaru di bioskop, dan seterusnya.

4. Catat Alokasi Finansial

Cara membuat catatan tabungan di buku tulis yang tidak kalah penting adalah mencatat alokasi finansial. Kelompokkan kebutuhan berdasarkan tingkat prioritas, seperti hal-hal yang bersifat wajib dan hal-hal yang bersifat keinginan.

Rekapitulasi keuangan yang dilakukan berdasarkan pembagian waktu akan membuat laporan tabungan di buku besar semakin jelas. Catatan keuangan pribadi ini perlu dibuat secara detail untuk memudahkan Anda memperkirakan waktu terwujudnya target finansial.

Baca juga: Tutorial Daftar Akun Trading FBS di Android, Emang Boleh Segampang Ini?

Baca juga: Tips Trading di FBS Android Buat Pemula, Yuk Belajar Lewat Tutornya Disini!

Baca juga: Cara Membaca Buku Tabungan BRI dengan Mudah dan Benar, Perhatikan Dulu Kode Transaksinya

Cara Membuat Buku Tabungan Harian

1. Membuat Tabel Berdasarkan Jumlah Hari dalam Sebulan

Buatlah tabel di buku tulis sesuai jumlah hari dalam sebulan jika Anda berencana menabung setiap hari. Mulailah menulis dari tanggal 1 sampai 28, 30, atau 31. Tulis semua hari tanpa ada yang terlewat.

2. Klasifikasikan Kolom dalam Tabel

Bagil kolom-kolom dalam tabel yang nantinya akan diisi dengan informasi tertentu. Misalnya, membuat kolom untuk jumlah tabungan dan tanggal menabung.

3. Tulis Tujuan Menabung

Menulis tujuan menabung pada kolom terpisah, misalnya di kolom keterangan, bisa membuat Anda lebih termotivasi. Tujuan dapat dikelompokkan berdasarkan jangka waktu per minggu, seperti minggu ke-1, minggu ke-2, dan seterusnya.

Bagaimana, mudah bukan? Itulah informasi mengenai contoh catatan tabungan di buku tulis yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Semoga bisa bermanfaat untukmu. 

Sumber:

UPDATE TERBARU