Monday 8th of July 2024
×

Bagaimana Cara Membaca Buku Tabungan Mandiri? Berikut Tutorial Mudah Untuk Diikuti

Bagaimana Cara Membaca Buku Tabungan Mandiri? Berikut Tutorial Mudah Untuk Diikuti

--

Dengan buku tabungan Mandiri, nasabah dapat mencatat setoran, penarikan, dan transaksi lainnya yang terjadi pada rekening tabungan mereka. Buku tabungan ini juga digunakan untuk melakukan transaksi tunai di kantor cabang BRI, seperti penyetoran atau penarikan uang tunai.

Baca juga: Tips Trading di FBS Android Buat Pemula, Yuk Belajar Lewat Tutornya Disini!


Baca juga: Siap Tarik Uang! Kode Refferal Indodana Bulan Juli Tahun 2023, Ikuti Langkah Mendapatkannya

Baca juga: Apa Itu Lot dalam Trading Forex? Baca Disini Biar Paham Sebelum Trading Supaya Ga Rugi Bandar

Cara Membaca Buku Tabungan Mandiri

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah cara membaca buku tabungan bank Mandiri:

1. Tanggal Buku Tabungan

Kolom tanggal berisikan tanggal transaksi yang dilakukan oleh para nasabah. Jadi kapapun kalian melakukan transaksi, baik menggunakan mobile banking, internet banking atau sms banking, tanggal transaksi yang dilakukan tetap tercatat.

2. Sandi/Kode Transaksi

Pada kolom ini berisikan kode transaksi berdasarkan jenis transaksi yang dilakukan, biasanya ditulis menggunakan singkatan huruf atau angka. Untuk lebih memudahkan mengetahui jenis transaksi, kalian bisa melihat arti kode transaksi pada bagian kolom kode transaksi.

3. Debet Buku Tabungan

Selanjutnya terdapat kolom debet. Kolom debet merupakan bagian catatan keuangan masuk bank, namun hal tersebut dilihat dari sudut pandang bank. Karena Debet sendiri merupakan catatan keuangan peningkatan aset yang dimiliki bank.

4. Kredit Buku Tabungan

Sedangkan pada bagian kolom kredit berisikan catatan uang masuk para nasabah. Namun Kredit dari sudut pandang bank adalah pihak bank memiliki hutang kepada nasabah. Oleh karena itu, setiap nasabah melakaukan setor uang akan tercatat pada bagian kredit.

Sumber:

UPDATE TERBARU