Monday 8th of July 2024
×

Tips Gampang Catat Rekap Tabungan Harian di Buku Besar, Bikin Catatan Keuangan Makin Rinci

Tips Gampang Catat Rekap Tabungan Harian di Buku Besar, Bikin Catatan Keuangan Makin Rinci

--

Tips Menabung yang Baik dan Benar

1. Pilih Jumlah Target dan Waktu

Supaya tujuan tabungan kita tercapai, cara menabung paling efektif juga dilakukan dengan mengetahui target dan waktu. 


4. Catat Setiap Pemasukan dan Pengeluaran

Pemasukan dan pengeluaran uang juga perlu diperhatikan. Karenanya catatan keuangan yang jelas sangat penting. Kamu bisa membuat catatannya sendiri.

5. Menghindari Utang

Ketika kita berutang untuk kebutuhan konsumtif seperti untuk belanja pakaian, atau barang-barang hobi lainnya. Pastikan kamu memilih yang paling prioritas.

Baca juga: Catat! Kode Keterangan Mutasi Tabungan BNI yang Perlu Dipahami Agar Transaksi Lancar

Baca juga: Mengenal Jenis-Jenis Tabungan BNI, Bisa Pilih Sesuai Kebutuhan Pribadi

Baca juga: Cara Membaca Buku Tabungan BRI dengan Mudah dan Benar, Perhatikan Dulu Kode Transaksinya

Cara Membuat Buku Tabungan Sendiri

1. Catat Cash Flow

Cashflow sifatnya lebih rumit dibandingkan catatan alokasi keuangan yang biasa. Cashflow bisa dicatat berdasarkan rentang waktu, misalnya hari, minggu, dan bulan. Catatan ini akan lebih memudahkan dalam mengawasi alur keuangan, baik yang masuk ataupun keluar.

2. Rekap Catatan Keuangan Harian

Rekapitulasi catatan keuangan harian mengandung informasi yang lebih rinciseperti biaya konsumsi dan transportasi. Tujuan pembuatan catatan ini yaitu mengetahui total dana yang dibutuhkan per hari.

3. Rekap Catatan Keuangan Mingguan

 Rekapitulasi ini perlu didukung oleh catatan jumlah total biaya pengeluaran mingguan. Catatan mingguan ini merupakan akumulasi dari catatan keuangan harian.

4. Rekap Catatan Keuangan Bulanan

Rekapitulasi keuangan yang dilakukan berdasarkan pembagian waktu akan membuat laporan tabungan di buku besar semakin jelas. Catatan keuangan pribadi ini perlu dibuat secara detail untuk memudahkan kamu memperkirakan waktu terwujudnya target finansial.

Nah, jadi demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan terkait tips gampang catat rekap tabungan harian di buku besar yang bisa kamu gunakan sebagai sarana untuk belajar mengatur keuangan buat pemula. Apakah kamu akan mencoba cara yang satu ini? Semoga membantu.

Sumber:

UPDATE TERBARU