Monday 8th of July 2024
×

Tak Seribet Yang Dibayangkan, Ini Cara Menulis Buku Tabungan di Buku Besar, Catat Sekarang

Tak Seribet Yang Dibayangkan, Ini Cara Menulis Buku Tabungan di Buku Besar, Catat Sekarang

--

7 Cara Menulis Buku Tabungan di Buku Besar

1. Siapkan Peralatan dengan Baik

Siapkan peralatan dengan baik yang mencakup buku tulis, penggaris, dan pulpen atau pensil. Gunakan buku berukuran besar agar bisa memuat lebih banyak informasi. 


2. Tetapkan Tujuan Menabung

Penting untuk menentukan tujuan menabung sebelum mulai mencatatnya di buku besar. Kamu bisa menetapkan tujuan menabung berdasarkan target jangka panjang atau jangka pendek. Tabungan jangka panjang contohnya seperti membeli rumah, sedangkan tabungan jangka pendek seperti membeli HP.

3. Bedakan Kebutuhan dan Keinginan

Kamu harus membedakan kebutuhan dan keinginan. Contoh hal-hal yang bersifat wajib, misalnya biaya cicilan rumah dan makanan. Hal-hal yang bersifat keinginan, seperti traveling, nonton film terbaru di bioskop, dan seterusnya.

Coba metode pembagian 50-30-20 agar lebih mudah. Anda bisa menggunakan pendapatan untuk memenuhi 50% kebutuhan, 30% keinginan, dan 20% investasi atau tabungan.

Baca juga: Cara Membaca Buku Tabungan BNI dengan Baik dan Benar, Dijamin Tidak Salah Perhitungan Mutasi

Baca juga: Catat! Kode Keterangan Mutasi Tabungan BNI yang Perlu Dipahami Agar Transaksi Lancar

Baca juga: Mengenal Jenis-Jenis Tabungan BNI, Bisa Pilih Sesuai Kebutuhan Pribadi

4. Catat Cash Flow

Cashflow sifatnya lebih rumit dibandingkan catatan alokasi keuangan yang biasa. Cashflow bisa dicatat berdasarkan rentang waktu, misalnya hari, minggu, dan bulan. Catatan ini akan lebih memudahkan dalam mengawasi alur keuangan, baik yang masuk ataupun keluar.

5. Rekap Catatan Keuangan Harian

Rekapitulasi catatan keuangan harian mengandung informasi yang lebih rinciseperti biaya konsumsi dan transportasi. Tujuan pembuatan catatan ini yaitu mengetahui total dana yang dibutuhkan per hari.

6. Rekap Catatan Keuangan Mingguan

 Rekapitulasi ini perlu didukung oleh catatan jumlah total biaya pengeluaran mingguan. Catatan mingguan ini merupakan akumulasi dari catatan keuangan harian.

7. Rekap Catatan Keuangan Bulanan

Rekapitulasi keuangan yang dilakukan berdasarkan pembagian waktu akan membuat laporan tabungan di buku besar semakin jelas. Catatan keuangan pribadi ini perlu dibuat secara detail untuk memudahkan Anda memperkirakan waktu terwujudnya target finansial.

Bagaimana, mudah bukan? Itulah informasi mengenai cara menulis buku tabungan di buku besar yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Semoga bisa bermanfaat untukmu. 

Sumber:

UPDATE TERBARU