Saturday 5th of October 2024
×

Berani Tidak Lunasi Pinjol? Ini Sederet Bahaya yang Bakal Meneror Kamu: Jangan Ngada-Ngada, Deh!

Berani Tidak Lunasi Pinjol? Ini Sederet Bahaya yang Bakal Meneror Kamu: Jangan Ngada-Ngada, Deh!

--

Resiko Galbay Pinjol

1. Masuk Dalam Blacklist SLIK OJK

Jika sampai tidak mampu melunasi cicilan pinjaman online, kamu harus bersiap menerima konsekuensi karena pihak Fintech akan memasukkan kamu ke daftar hitam OJK, dimana bila kamu telah masuk di daftar itu kamu tidak akan bisa mendapatkan pinjaman dari seluruh lembaga finansial di Indonesia.
Kalau hal ini sampai terjadi, saat mengalami masalah keuangan yang pelik di kemudian hari.

2. Denda serta Beban Bunga yang Terus Menumpuk


Dengan sengaja tidak melunasi pinjaman online, beban denda ini akan terus berlangsung dan secara akumulatif membuat utang Anda semakin menumpuk. Ditambah dengan beban bunga yang tergolong tinggi, bila tidak ada pembayaran cicilan maka jumlah pinjaman online akan membengkak hingga akhirnya nyaris mustahil untuk bisa dilunasi. 

Berdasarkan aturan OJK, bunga dan juga denda keterlambatan yang dikenakan maksimal berada di angka 0,8% per harinya. Selain itu, jumlah denda keterlambatan maksimal yang bisa dikenakan adalah 100 persen dari jumlah pokok pinjaman.

3. Kejaran Debt Collector yang Mengganggu Kehidupan Pribadi

Pada awal proses penagihan, nasabah hanya akan diingatkan melalui pesan singkat, seperti SMS, email, maupun telepon. Namun, jika masih belum dibayar juga, tim collection akan melakukan penagihan ke rumah peminjam ataupun menghubungi nomor kontak orang terdekatnya. Jika terus berlangsung dalam waktu lama, hal ini tentu akan berisiko mengganggu aktivitas sehari-hari.

Agar keuangan tidak terlalu terbebani, idealnya jumlah cicilan dari seluruh pinjaman yang dimiliki tidak lebih dari 30% gaji bulanan. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah melunasi cicilan pinjaman hingga lunas, tanpa merasa kewalahan untuk memenuhi segala kebutuhan pokok lainnya.

Baca juga: Ancaman Teror Pinjol Bikin Gak Bisa Tidur! Ini Dia Cara Hadapi DC, Skakmat Langsung Gak Berani Nagih Lagi

Baca juga: Makin Bikin Pusing! Ini Dia Cara Cegah Pinjol Melacak Akun Sosial Media Saat Terlambat Bayar, Aman Gak Bakal Bisa Ditemukan!

Baca juga: Keuntungan Gunakan Jasa Joki Pinjol, Benarkah Ga Semakin Tambah Buntung?

Cara Melunasi Utang Dengan Cepat dan Halal

1. Prioritaskan Hutang yang Berbunga Tinggi

Lakukan rekap keseluruhan hutang. Jangan sisakan satu pun. Selanjutnya, prioritaskan hutang yang bunganya tinggi untuk dilunasi segera.

2. Mencari Penghasilan Tambahan

Jika hutang kamu sudah menumpuk maka tak ada solusi yang lebih baik selain mencari pengjasilan tambahan. Hal ini wajib dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab atas hutang yang sudah diambil sebelumnya.

Sumber:

UPDATE TERBARU