Sunday 6th of October 2024
×

Awas! Scam dan Pishing Marak Terjadi Hingga Jebol Data-Data Pribadi

Awas! Scam dan Pishing Marak Terjadi Hingga Jebol Data-Data Pribadi

--

Waspada Scam dan Pishing

Sebelumnya, selama pandemi COVID-19, pelaku scam atau scammers mungkin mencoba memanfaatkan situasi. Mereka mungkin berhubungan melalui telepon, email, surat pos, teks, atau media sosial.

Scam adalah skema yang tidak jujur atau curang yang mencoba mengambil uang atau sesuatu yang berharga dari orang-orang. Lalu, Phising adalah serangan cyber yang merupakan bentuk rekayasa sosial. Plesetannya adalah "fishing" yang biasanya melibatkan upaya untuk mendapatkan akses ke akun pribadi korban.


Phising juga bisa menangkap data sensitif korbannya dengan menipu mereka untuk mengungkapkan kata sandi atau informasi pribadi.

Cara Menghindari Scam dan Pishing

Tetap Terinformasi tentang Teknik Phising

Penipuan phishing baru sedang dikembangkan setiap saat. Pantau terus berita tentang penipuan phishing baru. Dengan mencari tahu tentang mereka sedini mungkin, kalian akan memiliki risiko yang jauh lebih rendah untuk terjerat olehnya.

Berpikir sebelum Klik Tautan

Sebenarnya tidak apa-apa ketika mengklik tautan saat berada di situs terpercaya. Namun, mengklik tautan yang muncul di email acak dan pesan instan bukanlah langkah yang cerdas.

Sebagian besar email phishing akan dimulai dengan "Pelanggan yang Terhormat", jadi harus waspada saat menemukan email ini. Jika ragu, buka langsung sumbernya daripada mengklik tautan yang berpotensi berbahaya.

Baca juga: Cair Mudah Tanpa Babibu, Pinjaman Online Ternyata Risikonya Ngeri!

Baca juga: Syarat Ajukan Pinjaman KUR BRI Bagi yang Belum Menikah, Pokonya Punya Usaha!

Baca juga: Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar Tahun 2023: Minuman dan Makanan Kekinian Jadi Favorit!

Install Toolbar Anti-Phishing

Sebagian besar browser Internet populer dapat dikustomisasi dengan toolbar anti-phishing. Cara menghindari scam dan phising dengan alat tersebut akan memperingatkan jika Moms atau Dads menemukan situs berbahaya.

Verifikasi Keamanan Situs

Wajar jika kalian sedikit berhati-hati dalam memberikan informasi keuangan sensitif secara online. Namun, selama berada di situs web yang aman, maka tidak akan mengalami masalah apa pun.

Sebelum mengirimkan informasi apa pun, pastikan URL situs dimulai dengan "https" dan harus ada ikon kunci tertutup di dekat bilah alamat.

Nah, itu dia pembahasan sekilas yang bisa kami sampaikan mengenai scam dan pishing. Selalu waspada, ya!

 

Sumber:

UPDATE TERBARU