Sunday 6th of October 2024
×

Cair Mudah Tanpa Babibu, Pinjaman Online Ternyata Risikonya Ngeri!

Cair Mudah Tanpa Babibu, Pinjaman Online Ternyata Risikonya Ngeri!

--

Pinjol-pinjol ilegal atau rentenir online itulah yang belakangan mencuatkan banyak kasus lantaran penagihannya mengabaikan etika, dan terkadang melanggar hukum. Alhasil, nasabah yang terbelit pinjol kerap cemas, ketakutan, stress, bahkan ada yang memilih mengakhiri hidup lantaran ulah para penagih (debt collector) pinjol ilegal itu. Kasus terakhir menimpa seorang warga di Tulung Agung, Jawa Timur, belum lama ini.

Namun jika mendapatkan pinjaman dari pinjaman ilegal, risiko hal-hal yang menakutkan akan terjadi.

Risiko Ngutang di Pinjol


Data tercuri
Aplikasi pinjaman online ilegal biasanya akan meminta data pribadi serta akses terhadap setiap fitur dalam gawai Anda. Hal ini berbahaya karena jika nasabah mengiyakan atau menyetujui semua data bisa digondol. Contohnya seperti nomor-nomor yang ada dalam kontak, foto atau gambar di galeri, dan sebagainya.

Bunga tinggi
Pinjaman online ilegal umumnya menawarkan bunga yang rendah di awal untuk menarik korban. Berikutnya, saat pinjaman sudah diberikan, bunga akan dinaikkan sesuka hati oleh penyelenggara pembiayaan.

Debt collector
Jika Anda tidak membayar angsuran tepat waktu atau bahkan tidak mampu membayar angsuran, akan ada debt collector yang melakukan segalanya agar angsuran tetap berjalan. Tidak jarang debt collector pinjaman online ilegal juga melakukan kekerasan terhadap peminjam saat menagih utang.

Hubungi Keluarga dan Teman
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, aplikasi pinjaman online ilegal bisa membaca data Anda, termasuk kontak yang tersimpan dalam gawai. Pinjaman online ilegal biasanya juga akan menghubungi keluarga, kerabat, maupun teman jika tidak bisa dihubungi, mereka akan terus menanyakan hingga angsuran didapatkan.

Baca juga: Ingin Memulai Usaha Modal Kecil Untung Besar? Rencanakan Dengan Matang Ya!

Baca juga: Sudah Kantongi Izin OJK, Ini Daftar Lembaga Gadai BPKB Tanpa Survey

Baca juga: Rekomendasi Gadai BPKB Mobil dan Motor Terbaik, Terpercaya, dan Cepat Cair di Tahun 2023

Nah, itu dia pembahasan sekilas yang bisa kami sampaikan mengenai risiko gunakan pinjol ilegal.

 

 

Sumber:

UPDATE TERBARU