Sunday 6th of October 2024
×

Penting Diketahui, Begini Cara Amankan KTP Supaya Tidak Ditagih Pinjaman Online Secara Mendadak

Penting Diketahui, Begini Cara Amankan KTP Supaya Tidak Ditagih Pinjaman Online Secara Mendadak

--

3. Jangan memberikan kombinasi OTP kepada siapapun

Selanjutnya, disarankan untuk tidak memberikan kombinasi one-time password (OTP) atau kombinasi kata sandi kepada siapapun yang memintanya, baik melalui platform online maupun melalui telepon. Disarankan untuk menyimpan kombinasi kata sandi di pengelola kata sandi (password manager) jika terkadang lupa.


4. Aktifkan pemberitahuan transaksi

Jika bank yang digunakan memiliki fitur pemberitahuan transaksi (transaction alert), disarankan untuk mengaktifkannya. Langkah ini dapat membantu mendeteksi aktivitas yang mencurigakan dalam rekening kita.

5. Merobek fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Meskipun saat ini fotokopi KTP jarang digunakan, jika masih memiliki salinan fisik fotokopi KTP, disarankan untuk menghancurkannya dengan cara merobeknya. Pastikan tidak ada yang dapat mengakses identitas kita melalui salinan fotokopi KTP yang masih utuh dan terjaga.

Baca juga: Langsung di ACC! Berikut Rekomendasi Tools Amunisi Pinjol Agar Pinjaman Cepat Cair

Baca juga: Medsos Aman Dari Serangan Pinjol, Yuk Coba Setting HP Agar Terhindar Pencemaran Nama Baik!

Baca juga: Awas Pencemaran Nama Baik! Hati-Hati Medsosmu Disadap Para Pinjol Laknat

6. Jangan mengungkapkan data pribadi secara sembarangan

Jika diminta untuk memberikan data pribadi secara rinci seperti alamat lengkap, nomor KTP, nomor Paspor, nomor SIM, nomor rekening, nomor kartu kredit, nama ibu kandung, atau rekam medis, disarankan untuk tidak memberikannya begitu saja.

7. Periksa email melalui situs haveibeenpwned.com

Pengguna media sosial dapat memeriksa apakah pernah menjadi korban pelanggaran data pengguna melalui situs haveibeenpwned.com. Situs tersebut dapat mendeteksi apakah platform yang digunakan pernah mengalami pelanggaran keamanan di dunia maya.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara mengamankan KTP supaya tidak kaget saat ada tagihan mendadak. Kalian bisa melakukan pengecekan melalui beberapa cara diatas. Semoga artikel yang kami sampaikan ini bisa bermanfaat.

Sumber:

UPDATE TERBARU