Wednesday 3rd of July 2024
×

Kebutuhan Natrium Per Hari Untuk Tubuh Manusia Berapa Ya? Jangan Melebihi Batas Normal!

Kebutuhan Natrium Per Hari Untuk Tubuh Manusia Berapa Ya? Jangan Melebihi Batas Normal!

--

Sodium / Natrium (Na) merupakan komponen elektrolit yang sangat vital peranannya dalam keseimbangan (homeostasis tubuh), ia merupakan salah satu Kation utama dalam tubuh kita. Sebagian besar Na diperoleh dari garam dapur (NaCl). Standar kebutuhan sodium seseorang dewasa berklisar antara 1500-2300 mg sodium. garam dapur mengandung 40% sodium sehingga 1,5-2,3 gr sodium sebenarnya sudah tercukupi oleh 1 sendok teh garam.

Baca juga: Gambar Skema Box Super Scoop 18 Inch Double Terbaru 2024, Lengkap Beserta Bahan yang Perlu Disiapkan!


Sayangnya, hampir semua orang mengkonsumsi sodium lebih dari itu, seringkali mencapai 3000-3500 mg / hari bahkan 5000 mg /hari. 

Sebagai perbandingan, 1 bungkus mi instan umumnya bisa mengangung antara 800-1100 mg sodium, lebih dari 50% keburuhan sodium harian kita--hanya dari 1 bungkus mi instan saja.

Kelebihan sodium dalam jangka panjang dapat menyebabkan berbagai masalah, yang paling jelas adalah peningkatan tekanan darah, karena sodium akan meretensi air sehingga meningkatkan volume plasma dan tekanan darah. Sehingga jumlahnya harus dibatasi pada penderita hipertensi dan gagal jantung (karena peningkatan volume plasma kana meningkatkan beban jantung). Demikian pula jumlah sodium harus dibatasi pada penderita diabetes.

Baca juga: Tanggal Rilis Wuthering Waves yang Hadir di Mei 2024, Game Baru Pesaing Genshin Impact!

Peningkatan kadar natrium dalam darah (hipernatremia) juga dapat menimbulkan keluhan-keluhan seperti rasa haus, kelemahan, mual, mulut kering, gelisah, nyeri kepala, bengkak pada tungkai, demam (ringan). Pada kadar hipernatremia yang sangat tinggi menyebabkan penurunan kesadaran, kejang dan bahkan perdarahan otak. Untungnya, pada kebanyakan kasus orang sehat, meski asupan berlebih, tubuh masih dapat bekerja untuk menyeimbangkannya dengan meningkatkan eksresi / pengeluarannya atau merangsang perasaan haus supaya kita minum air dan menurunkan kadar natrium dalam darah.

Akan tetapi akan sangat dianjurkan untuk menjaga asupan garam Anda pada kisaran 1500-2300 mg/ hari, jumlah yang ideal untuk mempertahankan kadar natrium dalam rentang normal dan menjaga kesehatan Anda.

Itu dia pembahasan sekilas mengenai batas konsumsi natrium. Semoga bermanfaat.

Sumber:

UPDATE TERBARU