Sunday 6th of October 2024
×

Makin Bikin Pusing! Ini Dia Cara Cegah Pinjol Melacak Akun Sosial Media Saat Terlambat Bayar, Aman Gak Bakal Bisa Ditemukan!

Makin Bikin Pusing! Ini Dia Cara Cegah Pinjol Melacak Akun Sosial Media Saat Terlambat Bayar, Aman Gak Bakal Bisa Ditemukan!

--

Pinjaman Online yang sudah terdaftar OJK memiliki regulasi yang jelas dalam penagihan uang kepada debitur. Beberapa pinjol tersebut memiliki DC lapangan yang bertugas di berbagai kota Indonesia.

Cara Menghindari Pinjol Ilegal Mendapatkan Akun Sosmed Kita

1. Set Privasi Akun


Pastikan bahwa akun milikmu memiliki pengaturan privasi yang tepat, seperti mengunci akun atau membatasi akses dari orang lain. Selain itu, jangan mudah mengunduh aplikasi pinjol tidak resmi ke HP.

2. Jangan Memberikan Informasi Pribadi

Pastikan untuk tidak memberikan informasi pribadi yang tidak diperlukan, seperti nomor KTP atau nomor rekening bank.

3. Pahami Hak dan Kewajiban Nasabah

Cari tahu hak dan kewajiban sebagai nasabah pinjol, seperti berapa besar bunga yang harus dibayar dan apa saja konsekuensi jika terlambat membayar. Pastikan kamu mengerti dengan jelas tentang hal ini sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman.

Baca juga: Modus Penipuan WA Marak Terjadi, Awas Dapat Undangan Pernikahan Isinya Scam!

Baca juga: Ada-Ada Aja, Modus Penipuan Online Lewat File .Apk Bikin Resah!

Baca juga: Terlena Ajukan Pinjaman Online, Bahaya dan Ancaman Akan Hadir Jika Galbay!

4. Cek Apakah Lembaga Keuangan Telah Terdaftar

Pastikan kamu telah mengajukan pinjaman dari lembaga keuangan yang terdaftar dan memiliki izin dari OJK untuk membantu mengurangi risiko pinjaman ilegal yang menyebarkan data pribadi.

Melansir dari berbagai sumber, setiap jasa pinjaman online pasti akan menindak nasabahnya yang telat melakukan pembayaran pinjaman sesuai tanggal jatuh tempo di aplikasi.

Namun tidak semua pinjol resmi OJK memiliki DC lapangan. Terkadang aplikasi pinjol hanya terdaftar di OJK saja belum berizin jadi belum ada hak untuk menurunkan hak penagihan ke pehiak ketiga yaitu debt collector.

Sumber:

UPDATE TERBARU